Kamis, 02 Februari 2017

Kisah Nabi Ya'kub & Kisah Malaikat Maut ~ Setiap yang hidup akan mengalami yang namanya mati, kecuali yang Maha Hidup yaitu Allah. Allah tidak akan mati dan binasa. Dia kekal tak ada habisnya.
Kematian akan menimpa kita dengan berbagai cara. Ada yang mati saat sedang melakukan kebaikan, ada juga yang mati saat melakukan maksiat (semoga kita terhindarkan dari kematian yang buruk).
Sesuatu yang terjadi didunia ini sebenarnya ada tanda tandanya, tanda hujan adalah mendung, tanda sakit adalah pucat, dan tanda tanda yang lain dari suatu peristiwa.
Termasuk juga kematian, malaikat maut ternyata telah mengutus sebuah tanda tanda kematian kepada kita sebelum nyawa kita diambil. Namun kebanyakan kita tidak menggubris atau tidak menyadari tanda kematian itu.
Ada sebuah kisah, yaitu kisahnya Nabi Ya'kub yang mempertanyakan utusan malaikat maut yang akan mengabarkan kepadanya bahwa tanda kematiannya akan tiba. Simak kisahnya berikut :
Sebagaimana kebanyakan nabi-nabi lainnya, Nabi Ya’kub AS bersahabat dengan Malaikat Izrail atau malaikat maut yang bertugas mencabut nyawa. Suatu ketika Malaikat Izrail mengunjungi Nabi Ya’kub, dan beliau berkata, “Wahai malaikat maut, engkau
datang hanya sekedar mengunjungi aku atau akan mencabut nyawaku?”
Malaikat Izrail berkata, “Aku hanya sekedar berkunjung!!”
“Bolehkan aku meminta agar engkau memenuhi satu keinginanku?’ Tanya Nabi Ya’kub.
“Apa itu?” 
“ Kuminta agar engkau memberitahukan kepadaku jika saat ajalku telah dekat dan engkau akan mencabut nyawaku!!”
“Baiklah,“ Kata Malaikat Izrail, “Aku akan mengirimkan kepadamu dua atau tiga utusan jika saat ajalmu telah dekat!!”
Beberapa tahun kemudian, ketika saat ajal Nabi Ya’kub telah tiba, Malaikat Izrail datang kepada beliau, dan seperti biasanya beliau berkata, “Wahai malaikat maut, engkau datang hanya sekedar mengunjungi aku atau akan mencabut nyawaku?”
Malaikat Izrail berkata, “Aku datang untuk mencabut nyawamu!!”
Tentu saja Nabi Ya’kub kaget dengan jawaban tersebut, beliau sedikit protes dengan berkata, “Bukankah engkau telah berjanji akan mengirimkan dua atau tiga utusan jika saat ajalku telah dekat?”
Malaikat Izrail berkata, “Wahai Ya’kub, aku telah melakukannya. Putihnya rambutmu setelah sebelumnya hitam, kelemahan tubuhmu setelah sebelumnya kuat, dan kebongkokan tubuhmu setelah sebelumnya tegak, semua itu adalah utusanku kepadamu dan juga kepada anak Adam lainnya, sebelum saat ajalnya tiba!!”
Ternyata ya sobat netizen, uban yang sudah sangat biasa kita lihat adalah utusan malaikat maut alias tanda kematian untuk memperingatkan kita bahwa kematian telah dekat dengan kita.
Semoga kita termasuk yang mendapatkan kematian yang baik. Aamiin

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

INFO

SAYA MEMBUAT BLOG INI UNTUK MENAMBAH WAWASAN DAN ILMU PENGHETAHUAN TENTANG ISLAM . BAHWA ILMU INI SANGATLAH PENTING UNTUK KALIAN SEMUA DENGAN ILMU INI KALIAN AKAN MENDAPATKAN KESELAMATAN DAN KEBAHAGIAN DI DUNIA MAUPUN DI AKHIRAT. AMIN YA RABBAL ALAMIN.

Followers

Popular Posts

MAKNA ALLAH SWT

Makna ”Allah SWT”:
Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa makna ”Allah SWT” adalah: Allah (Tuhan) yang Mahasuci dan Mahatinggi.

Sebenarnya, SWT (Subhanahu wa Ta’ala) bukan satu-satunya lafaz yang disertakan oleh ummat Islam setelah lafaz ”Allah”. Masih banyak lagi lafaz-lafaz lain, antara lain:
- ’Azza wa Jalla => Allah ’Azza wa Jalla
- Jalla Jalaluh => Allah Jalla Jalaluh
- Tabaroka wa Ta’ala => Allah Tabaroka wa Ta’ala

Semua lafaz tersebut adalah sifat-sifat kemuliaan dan keagungan Allah SWT.

Perlu diperhatikan, meski pun secara bahasa lafaz ”Allah” berarti ”Tuhan”, sebagai seorang muslim kita harus tetap meyakini bahwa ”Allah” adalah nama bagi ”Zat” Tuhan Pencipta dan Pengatur alam semesta ini. Sebab Al-Qur’an sendiri – yang notabenenya wahyu Tuhan – menegaskan bahwa ”Allah” adalah nama bagi Tuhan Pencipta dan Penguasa jagad raya ini. Demikian juga dalam hadits-hadits Rasulullah Muhammad saw.

Wallahu a’lam.